Cara Backup dan Restore Chat WhatsApp di Android & iPhone

37 Likes Comment
Cara Backup WhatsApp

Tidak dapat kita pungkiri lagi bahwa WhatsApp merupakan aplikasi chatting paling populer dan paling banyak digunakan saat ini. Pemilik smartphone mana yang tidak punya akun WA? Nah salah satu masalah yang sering dihadapi kita sebagai pengguna WhatsApp adalah ketika kita memidahkan akun WhatsApp dari satu HP ke HP lain, maka riwayat chat dan medianya akan hilang.

Nah solusi untuk masalah ini adalah dengan melakukan backup dan restore. Beruntungnya, WhatsApp sendiri sudah memiliki fitur ini. Fitur backup dan restore WhatsApp memanfaatkan layanan cloud storage Google Drive.

Dengan melakukan backup, maka riwayat chat sekaligus media yang ada di dalamnya dapat kita cadangkan dengan aman ke penyimpanan awan Google Drive, tidak akan terhapus meskipun akunnya kita pindahkan ke HP lain. Dan di HP baru tersebut, cadangan WhatsApp tadi bisa kita pulihkan dengan fitur restore.

Lantas, bagaimana caranya backup WhatsApp ini? Apakah sulit? Tenang, tidak sesulit itu kok. Berikut cara backup (mencadangkan) dan restore (memulihkan) chat WhatsApp supaya tidak hilang ketika ganti HP.

Cara Backup Chat WhatsApp di Android

Sebelum masuk ke langkah-langkahnya, perlu diketahui terlebih dahulu bahwa nantinya cadangan chat WhatsApp yang kita backup akan diupload ke Google Drive akun Google (Gmail) yang sudah sign-in di smartphone Android kita.

Kemudian pastikan juga kita memiliki koneksi internet yang stabil dan kuota yang cukup sebelum melakukan backup. Bila perlu, gunakan jaringan WiFi. Pasalnya, proses pencadangan riwayat chat WhatsApp ini membutuhkan koneksi internet yang kencang dan kuota yang lumayan banyak, tergantung pada seberapa banyak chat dan medianya. Nah kalau sudah siap, mari kita lanjutkan ke langkah-langkahnya di bawah ini.

Berikut cara backup WhatsApp di HP Android:

  1. Buka aplikasi WhatsApp.
  2. Klik menu titik tiga yang ada di pojok kanan atas, lalu masuk ke menu Settings.
  3. Selanjutnya masuk ke menu Chats > Chat backup.
  4. Sekarang di bagian Google Drive Settings, klik pada Google Account. Nah pilih akun Google yang akan menyimpan file backup WA ini.
  5. Pada bagian Back up over pilih opsi Wi-Fi or cellular agar kita juga bisa melakukan backup dengan jaringan data.
  6. Apabila ingin mencadangkan video, aktifkan opsi Include videos yang ada di bagian paling bawah. Tapi, mengaktifkan opsi ini tentunya akan membuat file backup menjadi lebih besar dan lebih menguras kuota ya.
  7. Klik tombol Backup warna hijau untuk memulai proses backup.

Kita tinggal menunggu sampai proses backupnya selesai. Nah file cadangan ini nantinya akan disimpan di Google Drive akun yang kita pilih tadi.

Pada menu Chat backup ini kita juga bisa mengatur supaya WhatsApp melakukan backup secara otomatis. Caranya adalah dengan klik pada bagian Back up to Google Drive dan pilih waktu yang diinginkan dari opsi yang tersedia, berikut pengertian dari masing-masing opsi tersebut:

  • Never: Jangan pernah melakukan backup.
  • Only when I tap “Back up”: Hanya ketika kita menekan tombol backup. Ini mengharuskan kita untuk melakukan backup secara manual sendiri.
  • Daily: Setiap hari.
  • Weekly: Mingguan.
  • Monthly: Bulanan.

Nah apabila kita memilih opsi Daily, Weekly, atau Monthly maka WhatsApp akan melakukan backup secara otomatis pada jam 2 dini hari sesuai dengan opsi waktu yang kita pilih tersebut.

Gimana? Gampang, kan cara backup WhatsApp?

Cara Restore Chat WhatsApp di Android

Nah setelah berhasil melakukan backup dengan cara di atas, maka sekarang kita bisa memulihkan atau melakukan restore chat WhatsApp dari file backup yang sudah diupload tadi. Melansir dari situs referensi teknologi Indonesia Ubixlo, melakukan pemulihan riwayat chat dan data ini sangat berguna ketika kita akan memindahkan akun WA ke HP lain atau ketika ternyata kita tidak sengaja menghapus riwayat chat yang ada di WA kita.

Namun, perlu diketahui jika ingin memindahkan akun WA ke HP baru, maka kita harus memastikan bahwa nomor HP dan akun Google yang digunakan harus sama dengan yang ada di HP lama kita. Nah kalau sudah siap, mari lanjut ke langkah-langkahnya di bawah ini.

Berikut ini cara restore WhatsApp di HP Android:

  1. Install aplikasi WhatsApp.
  2. Buka WhatsApp dan masuk ke akun lama dengan cara melakukan verifikasi menggunakan nomor HP yang lama juga.
  3. Klik tombol Restore.
  4. Klik tombol Next.
  5. Tunggu sampai proses pemulihan chat dan file media selesai.

Nah maka proses inisiasi pemulihan riwayat chat akan segera dimulai. Kita hanya perlu menunggu. Setelah semua chat dipulihkan, maka selanjutnya file medialah yang akan dipulihkan.

Cara Backup Chat WhatsApp di iOS

Tidak seperti di Android yang di mana cadangan chat akan disimpan di Google Drive, jika di iOS maka cadangan chat akan disimpan di akun iCloud. Nah langsung saja, buat kamu para pengguna iPhone, berikut cara backup WhatsApp di iOS:

  1. Buka WhatsApp.
  2. Buka menu Pengaturan > Chat > Cadangkan.
  3. Klik tombol Cadangkan Sekarang untuk memulai proses pencadangan.

Kamu juga bisa memilih opsi Otomatis Cadangkan dan mengatur frekuensi pencadangannya agar proses backup dilakukan secara otomatis oleh WhatsApp.

Cara Restore Chat WhatsApp di iOS

Seeblumnya pastikan kita sudah memiliki file backup di iCloud terlebih dahulu. Kalau sudah, berikut ini cara restore WhatsApp di iOS:

  1. Hapus WhatsApp dan install ulang WhatsApp dari App Store.
  2. Buka WhatsApp dan masuk ke akun lama dan dengan melakukan verifikasi menggunakan nomor HP.
  3. Setelah melakukan verifikasi nomor HP, klik tombol Restore yang ada di pojok kanan atas.

Nah itulah langkah-langkah cara melakukan backup (pencadangan) sekaligus restore (pemulihan) pesan WhatsApp baik di HP berbasis Android maupun di HP iPhone yang berbasis iOS. Bagaimana, mudah bukan? Sekarang kita tidak perlu khawatir kehilangan riwayat chat WhatsApp ketika ganti HP karena sudah bisa melakukan backup dan restore. Apabila ada pertanyaan terkait tutorial di atas, silakan sampaikan di kolom komentar ya.

About the Author: Mandira