Cara Mengatasi Masalah Login Wifi id

54 Likes Comment
Cara Mengatasi Masalah Login Wifi id

Wifi id merupakan salah satu alternatif layanan internet dari PT. Telkom yang saat ini banyak digunakan oleh para pengguna untuk memperoleh koneksi internet dengan cepat dan juga tanpa batas. Selain itu, cara penggunaannya juga sangat mudah.

Pengguna hanya perlu membeli akun yang bisa diperoleh melalui pembelian voucher atau pembelian melalui pulsa, kemudian masuk ke halaman login wifi id kemudian memasukkan username dan kata sandi yang mereka miliki.

Dengan meningkatnya para pengguna jaringan wifi id sehingga tidak jarang jika jaringan tersebut sering mengalami beberapa masalah, salah satunya adalah mengalami masalah gagal login wifi id. Selain itu, Anda juga bisa membaca artikel tentang cara logout wifi id.

Cara Mengatasi Masalah Login Wifi id Dengan Mudah

Sebalum Anda mengatasi masalah login wifi id, terlebih dahulu Anda harus mengetahui beberapa masalah yang sering dialami. Diantaranya seperti wifi.id limited access, wifi.id Unidentified Network, Access Point atau dari perangkat yang Anda gunakan, dan tidak bisa buka homepage.

Berikut kami berikan cara mengatasi masalah login wifi id dengan mudah, simak penjelasannya dibawah ini:

Mengatur DNS Server Address

Cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi masalah gagal login wifi idi yang bisa Anda lakukan adalah mengatur DNS Server Address.

Simak langkah-langkahnya dibawah ini:

  • Langkah pertama, buka menu settings.
settings
  • Kemudian pilih Network & Internet.
Network Internet
  • Langkah selanjutnya pilih Network and Sharing Center.
Network and Sharing Center
  • Selanjutnya klik pada bagian Connections.
Connections
  • Langkah selanjutnya klik pada bagian Properties.
properties
  • Nantinya akan muncul jendela baru, lalu double klik pada Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4).
Internet Protocol Version 4
  • Langkah terakhir, kosongkan pada bagian DNS Server. Jika sudah, klik OK.
ok

Jika cara di atas sudah Anda lakukan, coba Anda cek kembali apakah sudah bisa login ke wifi id atau belum. Jika sudah bisa, maka cara tersebut cukup efektif untuk mengatasi masalah gagal login.

Cara Mengatasi Gagal Login Wifi id No Session Found

Sebenarnya masalah login Wifi id No Session Found menjadi masalah yang paling sering terjadi dan di alami oleh para pelanggan wifi id. Gagal login wifi id No Session Found ini adalah masalah yang muncul saat Access Point mengalami gagal identifikasi di Laptop atau Smartphone yang Anda gunakan.

Sebenarnya untuk mengatasi masalah tersebut, solusi yang paling cepat adalah mengubungi TelkomCare dan melaporkan masalah tersebut. Namun, Anda juga bisa mengatasi sendiri dengan merubah MAC Address. Karena biasanya masalah ini terjadi karena MAC Adress perangkat Anda bermasalah diblacklist dan sebagainya.

Berikut caranya:

Cara Mengganti MAC Address di Laptop

  • Langkah pertama, buka menu pencarian kemudian ketikkan CMD. Kemudian buka menu CMD tersebut dengan cara klik kanan kemudian pilih run as administrator.
cmd
  • Jika sudah masuk kemudian ketikkan ipconfig/all lalu tekan Enter.
ipconfig all
  • Langkah selanjutnya, catat MAC Address dari Wireless LAN Adapter pada bagian Physical Address.
Physical Address
  • Jika sudah, kemudian buka menu pencarian lalu ketikkan Device Manager. Kemudian buka menu Device Manager tersebut.
device manager
  • Jika sudah terbuka, double klik pada Network adapters.
Network adapters
  • Kemudian pilih nama perangkat Wireless Adapter yang digunakan, lalu klik kanan dan pilih Properties.
properties
  • Langkah selanjutnya, pilih tab Advanced. Kemudian cari Property Network Address. Masukkan MAC address yang baru ke kolom Value tanpa pemisah. Langkah terakhir, klik OK.
ADVANCED
  • Untuk mendapatkan MAC Address yang baru, Anda bisa dapatkan disini.

Tujuan Anda mencatat MAC Address pada langkah yang pertama tadi adalah untuk mengembalikan pengaturan MAC ke semula. Sehingga jika terjadi masalah, Anda bisa mengembalikannya ke setelan yang awal.

Demikian panduan mengenai cara mengatasi masalah login wifi id dengan mudah, semoga tutorial yang kami berikan bisa bermanfaat untuk Anda

About the Author: Mandira